Swellow, Band Indie Rock Baru Rasa Lama dari Bogor

Swellow

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Bogor tak pernah berhenti melahirkan musisi-musisi untuk skena indie rock. Setelah sukses melahirkan Reid Voltus yang sempat harum namanya di pertengahan era 2000-an, ditambah lagi dengan Texpack dan Rrag, kini muncul nama baru yaitu Swellow.

Di tahun 2021, untuk cerita yang satu ini, sebenarnya mereka bukanlah sebuah unit musik yang baru, mengingat nama-nama di dalamnya adalah nama-nama yang juga sudah tidak asing lagi di Bogor. Idam yang juga sempat tergabung dalam Reid Voltus, kini dirinya kembali ke jalur indie-rock bersama dengan empat nama lainnya, dengan membawa nama Swellow.

Meski terbilang sebagai pendatang baru, beberapa personel Swellow merupakan sosok yang sudah malang-melintang di kancah musik independen. Mereka adalah Bayu Azni (vokal, yang juga mengisi vokal Diskoteq), Afnan Hissan (gitar, yang juga merupakan personel Texpack), Misbahuddin Nika (bass), dan Fadhil “Opay” Naufal (drum).

“Beberapa materi yang sudah direkam akhirnya pada tahun 2021 ini kita pilih kembali, menjadi pembukaan yang kiranya bisa merepresentasikan seperti apa wajah Swellow”, tutur Bayu.

Tidak tanggung-tanggung, Swellow langsung menambah satu lagi cerita manis dari Bogor dan indie-rocknya dengan menghadirkan EP perdana mereka, Karet.

Swellow - Karet EP
Swellow – Karet EP

EP tersebut resmi dirilis pada Minggu (23/5/2021) lalu, Karet melengkapi rangkaian dari hadirnya nomor-nomor eceran dari Swellow yang sudah lebih dahulu dilepas, sebut saja “Gargantua” dan “Sukar” di beberapa waktu ke belakang.

Nomor-nomor tersebut turut hadir di Karet menemani tiga nomor lainnya, yakni “Berita Harian”, “Asam”, dan “Pelintas”. Kelima nomor tersebut sejatinya merupakan nomor-nomor terpilih yang akhirnya Swellow putuskan untuk dihadirkan dalam bentuk EP.

Terpilih, karena sebenarnya Swellow sudah mempunyai beberapa materi yang sudah digarap sejak tahun 2019 lalu, dan bahkan sudah direkam, hingga akhirnya terpilihlah lima nomor yang sudah disebutkan tadi.

“Beberapa materi yang sudah direkam akhirnya pada tahun 2021 ini kita pilih kembali, menjadi pembukaan yang kiranya bisa merepresentasikan seperti apa wajah Swellow”, tutur Bayu.

“EP Karet dari Swellow bisa dibilang sebenarnya adalah hasil sortiran dari beberapa materi yang sudah direkam. Adalah sebuah hasil rangkuman dari beberapa materi yang dianggap cukup mewakili sebuah karakter dari Swellow itu sendiri”, tambah Idam.

Disarikan dari berbagai sumber

Artikel Lainnya

Seni

Gluff, Estetika Musik Inggris 90’an

Band asal Bogor yang terbentuk pada awal tahun 2018 tersebut banyak terinspirasi oleh estetika musik Inggris 90’an. Gluff pun telah lengkap dengan susunan Alfian (Gitar/Back