Gluff, Estetika Musik Inggris 90’an

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Band asal Bogor yang terbentuk pada awal tahun 2018 tersebut banyak terinspirasi oleh estetika musik Inggris 90’an. Gluff pun telah lengkap dengan susunan Alfian (Gitar/Back Vocal), Hafiz (Gitar/Lead Vocal), Alwan (Bass), dan Alif (Drum).

Gluff menjadi grup musik terkini asal Bogor yang mematenkan panduan tersebut untuk menjadi arah bermusiknya sejak terbentuk pada tiga tahun lalu.

Hafiz (vokal & gitar), Fian (gitar & vokal latar), Alwan (bass), dan Alif (drum & vokal latar) menghabiskan dua tahun terakhirnya untuk meramu formulasi terbaik yang mereka dapatkan dari asupan intensif dari artefak musik Britwave klasik macam Oasis, The Stone Roses, Shed Seven, the Verve, hingga yang paling terkini seperti Arctic Monkeys.

Perihal perilisannya, Gluff bekerjasama dengan Forts Records. Sebuah label rekaman asal Bogor yang telah merilis single sebelumnya, dan juga dipercaya merilis album perdana mereka awal tahun 2021 nanti. Keseluruhan single ini direkam di Bens’n Co Record, dengan tambahan perekaman drum yang dilakukan di Fakehero Record, instrumen keyboard pun dibantu oleh Fadhil Naufal, dan juga oleh Deni Noviandi dalam proses mixing dan mastering.

Jejak dan pengaruh musik impor yang terdapat di Indonesia emang udah sangat membaur dan berasimilasi menjadi warna musik tersendiri bagi banyak grup musik yang hadir hingga saat ini.

Terutama pada setengah hingga satu dekade terakhir, publik ataupun grup musik tertentu kerap untuk nggak pernah lagi memedulikan suatu patokan genre yang menjadi acuan bermusiknya.

Meski begitu, terdapat arsip sejarah yang cukup membekas dan meninggalkan nyawa kuat khususnya bagi para pemuda penggemar musik arus pinggir di Indonesia.

Britpop, adalah istilah dan sempalan musik alternatif yang terbawa secara organik melalui gelombang British invasion yang begitu populer sejak medio 1990-an.

Gluff sebagai grup musik emang masih terkesan generik dengan materi-materi mereka yang terlalu mengacu pada sesuatu (Britpop), bahasa kerennya mungkin adalah mereka terlalu “trying to hard”.

Mungkin aja kalo referensial dan spektrum keempat personel dari Gluff lebih diperluas, mereka bakal menghadirkan warna yang bener-bener baru buat band-band semacam ini di Indonesia.

Ramah di telinga namun bukan hal yang remeh adalah kalimat yang tepat untuk mendeskripsikan kumpulan trek dari band asal Bogor ini.

Disarikan dari berbagai sumber

Artikel Lainnya

Seni

Gluff, Estetika Musik Inggris 90’an

Band asal Bogor yang terbentuk pada awal tahun 2018 tersebut banyak terinspirasi oleh estetika musik Inggris 90’an. Gluff pun telah lengkap dengan susunan Alfian (Gitar/Back