Kerusakan Situs 7 Sumur Disorot Tim Advokasi DK3B Kota Bogor

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Setelah sejumlah perwakilan Budayawan terdiri dari beberapa daerah meninjau kawasan Cagar Budaya di kawasan Batutulis, Bogor Selatan, Kota Bogor beberapa pekan lalu. Kini giliran pengurus Dewan Kesenian dan Kebudayaan (DK3B) Kota Bogor diwakili tim advokasi DK3B Kota Bogor.

Dilokasi, tim Advokasi DK3B meninjau situs sumur tujuh, dimana merupakan salah satu cagar budaya yang belum lama ini menjadi sorotan publik, pasca terkena dampak pembangunan proyek sebuah apartemen di kawasan tersebut.

Mewakili tim advokasi, Tri Riki Meinal, mengungkapkan, bahwa dalam hal ini, pemerintah harus turun tangan agar melindungi Cagar Budaya tersebut yang saat ini kondisinya tidak lagi utuh akibat kerusakan.

“Saya mungkin dari pihak DK3B, bukan ingin melarang adanya pembangunan ini, tetapi mencoba mencari solusi, bagaimana area yang bersejarah ini kalo di terlantarkan,”ungkap Tri, dilokasi situs, Jumat (21/12/18)

Terkait adanya perusakan situs ini, DK3B Kota Bogor selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, baik pihak Kebudayaan, Pemertintah Kota Bogor, Pemprov Jabar dan Kementrian Kebudayaan Indonesia.

Apalagi, sebwlumnya, telah dilakukan pertemuan pihak terkait dengan Pemerintah Kota, bahkan Pemkot menegaskan untuk tidak melanjuti pembangunan tersebut, tetapi dilihat dilokasi proyek, pengerjaan pembangunan terus berjalan.

“Secara tidak langsung pihak terkait sudah menantang. Pihak Pemkot atau semua yang mempunyai otonom harus menindak tegas terhadap pembangunan ini dan harus bergerak agar cagar budaya peninggalan sejarah ini tetap utuh atau tidak dirusak,”pungkasnya.

Reporter: Erry Novriansyah

Sumber: https://bogorchannel.id/kerusakan-situs-7-sumur-disorot-tim-advokasi-dk3b-kota-bogor/