Festival Kemasan Seni Pertunjukan

Kota Bogor kembali menggelar Festival Kemasan Seni Pertunjukan. Kegiatan secara resmi dibuka Kepala Disparbud Kota Bogor, Shahlan Rasyidi di gedung Kemuning Gading, Rabu (28/11/2018) malam.

Shahlan menggunakan tujuan festival ini antara lain untuk memberikan ruang apresiasi bagi para pelaku seni di Kota Hujan. Kegiatan ini rutin setiap tahun diselenggarakan dan sudah berlangsung selama sembilan kali.

“Yang dimaksud kemasan disini adalah inovasi. Jadi para pelaku seni harus mampu menciptakan inovasi-inovasi baru, tidak boleh mencontek atau menyadur dari karya orang lain, harus murni karya sendiri,” kata Shahlan.

Dia menuturkan, Festival Kemasan Seni Pertunjukan tahun ini tidak hanya diikuti sanggar-sanggar dari Kota Bogor. Namun juga diikuti oleh sanggar dari Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Sedangkan dari Kota Bogor sendiri ada sanggar Edas, sanggar Citra Budaya, sanggar Andika, Melati dan sanggar Gandes Pamantes.

“Selain memberikan ruang apresiasi bagi para pelaku seni kegiatan ini juga adalah upaya pembinaan terhadap sanggar-sanggar yang ada di Kota Bogor,” kata Shahlan.

Selain itu kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan tukar pengalaman antar pelaku seni serta untuk menggali potensi seni budaya yang ada di setiap sanggar yang ada di Kota Bogor.

Berikut karya seni pertunjukan dari Kobam (RAMUGAD, DK3B) yang didokumentasikan pada laman youtube Ubay Subarna,

“Melalui Festival Kemasan Seni Pertunjukan diharapkan lahir karya-karya baru yang akan menambah khasanah kekayaan seni budaya di Kota Bogor khususnya dan Jawa Barat pada umumnya,” pungkas Shahlan.

Artikel lainnya