Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor Akan Membuat Buku Tentang Budaya Bogor

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH – Komisi Sastra Dewan Kesenian Kota Bogor mengadakan diskusi tentang budaya lokal “Ngaguar Sastra Sunda”

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa guru dan pelajar, guna meningkatkan kecintaan mereka terhadap budaya lokal Bogor.

“Diskusi bersama guru dan pelajar hasilnya kita rangkum sebuah buku yang akan menjadi acuan sastra sunda,” ujar Komisi Satra Dewan Kesenian Kota Bogor juga Ketua Pelaksana Galih Aria Putra kepada TribunnewsBogor.com Di Ruang Padeban Sri Baduga Balaikota, Minggu (27/05/20118).

Menurutnya budaya lokal Bogor sangatlah banyak seperti sastra sunda, musik, seni teater bahkan pembuatan alat-alat seni.

Dengan begitu masyarakat harus mengenal budayanya sendiri agar mampu mengetahui asal usul mereka.

Artinya semakin mereka mengenal menggali maka mereka akan mampu menunjukkan jati dirinya kepada dunia sebagai orang sunda atau Bogor.

“Kita ini masuk keluarga sunda karena itu sangat penting untuk mengorek, menggali lagi agar tau asal usul diri kita. Jika kita tau maka kita akan lebih menghargai,” terangnya

“Insha Allah akhir tahun ini, hasil diskusi ini akan dibuat buku permasalahan sunda terutama sastra akan ada pemecahan masalahnya dari beberapa narsum,” tambahnya.

Senada, Harian Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor, Arifin Himawan mengatakan bahwa rencananya akan ada buku yang akan dibagikan ke dinas-dinas dan sekolah.

“kita sangat prihatin banyak anak muda zaman now yang sudah melupakan akan budaya lokalnya maka dari itu kita berencananya akan ada buku yang coba kita bagikan ke dinas dan sekolah,”

Adapun isi buku tersebut berupa tentang budaya sunda Bogor agar masyarakat tau tentang Bogor itu sendiri.

“melalui sarasehan ini kita harapkan buku bisa ditularkan nantinya kepada sekolah mulai dari SD barangkali karena kecintaan itu harus mulai dari awal, tidak bisa harus nunggu besar kemudian mencintai,” pungkasnya.

Penulis: Afdhalul Ikhsan
Editor: Damanhuri
Sumber:

http://bogor.tribunnews.com/2018/05/27/dewan-kesenian-dan-kebudayaan-kota-bogor-akan-membuat-buku-tentang-budaya-bogor

Artikel Lainnya